Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Sakit dan Pegal Setelah Berolahraga

Cara Mengatasi Rasa Sakit dan Pegal Setelah Berolahraga –

Cara-Mengatasi-Rasa-Sakit-dan-Pegal-Setelah-Berolahraga

 

Apakah setelah olahraga Anda melakukan pendinginan? Meski penting untuk latihan fisik, pendinginan kerap dilupakan. Pendinginan adalah secara bertahap memperlambat intensitas latihan, sehingga temperatur tubuh turun secara perlahan. Jika Anda joging, sebaiknya jangan langsung berhenti lari dan menyudahi latihan secara mendadak. Secara perlahan turunkan kecepatan lari, sampai akhirnya jalan kaki dan kemudian berhenti.

Pendingan bermanfaat menghindarkan Anda dari pusing atau pingsan, akibat tekanan darah yang turun mendadak. Selain itu, pendinginan juga dapat mengurangi pegal dan nyeri otot, serta mencegah terkumpulnya darah di satu tempat setelah berolahraga.

Lakukan gerakan pendinginan 10-15 menit, kemudian lakukan peregangan untuk melatih fleksibilitas dan membuat otot relaks. Sebaiknya, peregangan pada akhir sesi pendinginan dilakukan lebih lama dan lebih menyeluruh dibanding peregangan yang dilakukan pada sesi pemanasan.

Dan cara lainnya adalah Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa cara mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.

Langkah 1

Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot, yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihan tepat.

Langkah 2

Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru saja memulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh otot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindari kegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.

Langkah 3
Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama 15 menit, tiga kali dalam sehari. Kompres es ini akan membantu mengurangi pembekakan dan rasa nyeri. Jika Anda tidak memiliki kompres es, bisa menggunakan handuk berisi es batu atau kantung kacang polong yang beku.

Langkah 4

Lakukan peregangan otot dengan hati-hati. Walau peregangan diketahui bisa mengurangi rasa sakit, namun peregangan yang terlalu agresif biasanya justru memperburuk keadaan otot. Latihan perenggangan bantu menggerakkan bagian-bagian tubuh dan melawan rasa sakit dalam tubuh. Anda dapat menyembuhkan sakit otot dengan latihan peregangan sederhana selama 15 menit.

Langkah 5

Tempatkan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung Anda. Misalnya menaruh kaki atau lengan di atas bantal ketika Anda duduk atau berbaring. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan mencegah pembekakan.