080927_khawatirts

Kemeriahan pesta pergantian tahun tidak selalu menghadirkan kebahagiaan bagi semua orang. Sebagian tetap menyisakan stres, bahkan ada yang tambah stres. Biar tidak jadi penyakit, stres usai pergantian tahun harus diusir jauh-jauh.

Stres di malam tahun baru sering muncul karena dibanding malam-malam lain dalam setahun, malam tersebut adalah salah satu malam paling stressfull atau bikin pusing. Semua orang dibebani oleh pencapaian
target resolusi tahun sebelumnya, serta harus memikirkan rencana ke depan pada saat yang sama.

Urusan sepele bisa menjadi sangat stressfull pada kondisi demikian. Padahal kalau dipikir-pikir, tidak semuanya penting untuk dipikirkan. Energi yang habis untuk memikirkan urusan tidak penting tersebut seharusnya bisa untuk melakukan hal lain yang lebih berguna dan lebih sehat secara mental.

Masalah atau urusan sepele yang tidak seharusnya membuat stres dan kemudian jadi penyakit di awal tahun antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (1/1/2013).

1. Tidak punya acara tahun baru
Beli makanan, lalu menonton acara TV tentang perayaan tahun baru di rumah sebenarnya lebih menyenangkan, apalagi bersama orang-orang tercinta. Malahan, tidak perlu repot-repot ganti baju.

2. Tidak punya teman
Hanya karena sendirian selama satu malam, tidak berarti kena kutuk bakal tidak punya teman seumur hidup. Untuk hal-hal seperti ini, jangan anggap malam tahun baru sebagai sesuatu yang beda dibanding malam-malam lainnya ketika sedang banyak teman.

3. Tertidur saat pergantian tahun
Jangan khawatir, saat terbangun keesokan paginya maka pergantian tahun tetap akan berjalan. Tahun 2012 tetap akan digantikan 2013 dan ucapan selamat tahun baru bisa dikirim kapan saja, masih ada kesempatan satu hari selama 1 Januari untuk mengucapkannya ke semua orang lewat SMS.

4. Tambah gemuk gara-gara libur
Semua orang mengalami, malah tidak ada yang memperhatikan selain masing-masing yang mengalaminya. Biarkan saja, yang penting di awal tahun ini segera kembali ke gaya hidup sehat.

5. Masih jomblo
Jauh lebih baik jomblo daripada memaksakan diri pacaran dengan orang yang salah.

6. Tidak mengirim SMS ucapan tahun baru
Ucapan tahun baru bisa disampaikan kapan saja saat bertemu langsung, meski tanggal 1 Januari sudah lewat. Bukan masalah besar.

7. Tidak bahagia di malam tahun baru
Tahun baru hanya berlangsung sehari. Jika hari tersebut tidak baik, maka sepanjang tahun 2013 masih banyak kesempatan untuk memperbaikinya.