fast food collection on on white backgroundJunk Food ternyata bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan menambah kadar kolesterol sehingga dapat menganggu suplai darah menuju otak.

bahaya junk food

Kondisi obesitas pada seseorang yang banyak diakibatkan karena kerap memakan makanan sampah alias junk food dapat menyebabkan resiko terkena tekanan darah tinggi, kolesterol dan demensia yang bisa menghambat suplai darah menuju otak.

Sejumlah penelitian dilakukan pada hewan memperlihatkan kalau hewan yang terkena Alzheimer bisa menjadi akut dan terjadi diabetes otak. Akan tetapi dengan munculnya teori baru pula memperlihatkan kalau makanan yang berlemat tingkatan tinggi dan manis bisa menggangu otak karena bisa menghambat suplai hormon insulin.

Pada penyakit diabetes tipe 2, junk food menyebabkan sel-sel pada tubuh menjadi tidak peka/resisten pada hormon insulin, padahal hormon insulin ini dibutuhkan untuk mengubah zat gula menjadi energi.

Harian New Scientist menjelaskan kalau insulin diperlukan guna mengontrol zat kimia otak yang menjadi peran utama dalam proses belajar dan daya ingat. Untuk menguatkan koneksi antara sel-sel otak serta melindungi pembuluh darah yang mensupli oksigen dan darah menuju otak.

Pada hasil percobaan juga memperlihatkan, kalau tikus percobaan tersebut ternyata mengembangkan Alzheimer sesudah diberikan senyawa yang mencegah organ otak memakai insulin.

Hal ini berakibat hewan percobaan tikus-tikus tersebut tidak bisa mengingat apapun ataupun belajar begitu ujar Suzanne de la Monte seorang penulis dari Brown University.

Pada saat ketika tim peneliti melakukan penelitian pada orang laki-laki dan perempuan yang sehat, yaitu dengan memberikan mekanan yang manis dan berlemak tinggi dalam kurun waktu satu bulan, terjadi peningkatan insulin serta amiloid beta juga meningkat. Dengan bertambahnya tingkat diabetes maka demensia dapat meningkat pula.