junk food

Jika kalian sedang jalan-jalan naik motor, entah itu motor ninja, motor jupiter, dll. Pasti kalian pernah merasa ingin membeli suatu makanan di pinggir jalan atau bahasa kerennya ‘Junk Food’. Memang sih makanan junk food itu penyajiannya sangat cepat. Tapi kalian tau ga bahaya dibalik itu semua?

Dibawah ini merupakan bahaya dari mengkonsumsi makanan junk food secara berlebihan.

1. KERIPUT
Kalian pasti dong ga mau keriput sebelum waktunya? Masa iyah umur masih 17 tapi udah keriputan, ga banget deh di usia sebelia itu. Kandungan gula, lemak trans dan tepung bisa membuat kadar insulin meningkat dan dapat memicu peradangan. Reaksi kimia yang menyerah protein ini akan mempercepat proses penuaan dengan cara mematikan anti-oksidan yang ada di dalam tubuh kita.

2. SEMBELIT
Kalian ga mau kan pas lagi malming tau-tau sembelit ga ketulungan cuma gara-gara makan makanan junk food? Roti tawar, nasi atau produk lainnya yang berbahan dasar tepung pati bisa membuat sembelit, itu karena kandungan serat sedikit sekali. Pada kenyataannya serat berperan penting dalam menggerakan segala sesuatu dalam tubuh. Apalagi jika kalian mengimbangi makanan ini pakai minum soda.

3. PUSING
Mungkin kalian pernah merasa pusing atau sakit kepala ketika mengkonsumsi makanan yang semuanya gurih dan berlemak. Ini dikarenakan tyramine, bahan kimia ini terbenuk dari pemecahan warna protein tertentu di pewarna makanan, mungkin bisa ditemukan di hotdogs atau daging olahan yang lainnya. Menurut penelititan, bahan-bahan ini dapat meningkatkan aliran darah kita ke otak, yang jadinya nanti rasa sakit.

4. MEMBUAT BAD MOOD
Orang yang lebih sering mengkonsumsi junk food cenderung akan menjadi depresi. Ketika kalian mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, maka kalian akan merasa sangat kacau. Dan pada saat tubuh kalian kurang nyaman, maka mood pun akan berubah dan terpengaruh. Sehingga ikut-ikutan menjadi kacau juga.

5. MEMBUAT KEMBUNG
Semua makanan olahan yang digunakan pada junk food terdapat suatu kadar sodium yang sangat tinggi. Sedangkan sodium sendiri merupakan bahan yang dapat membuat perut kembung. Ini karena sodium dapat mengatur jumlah darah di dalam pembuluh darah dan mengikat air.

Nah teman-teman, itu merupakan beberapa bahaya jika kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan junk food. Lebih baik makan nasi warteg daripada makan makanan junk food..hehehe.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya😀