KacangIjo

Banyak orang yang bilang kalau bubur kacang ijo baik untuk kesehatan dan mempunyai banyak gizi yang terkandung di dalamnya, tapi ada yang bilang malah membahayakan kesehatan karena bubur kacang ijo pake bahan pengawet.

Untuk menjawab hal itu, gue coba mencari kebenarannya dari berbagai sumber. Berikut sedikit penjelasannya :
1. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 24 %. Di dalamnya terdapat sumber mineral penting antara lain kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk jantung. Selain itu aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan berat badan karena kandungan lemahnya rendah.

2. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mencegah penyakit beri-beri, membantu proses pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki saluran pencernaan, dan memaksimalkan kerja syaraf. Ada penelitian yang menyatakan bahwa pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Gejala-gejala ini mirip dengan tanda-tanda orang stres.

3. Selain vitamin B1, kacang hijau juga mengandung vitamin B2 yang tugasnya membantu penyerapan protein dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 ini akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

4. Di samping itu lemak yang terkandung dalam kacang hijau pun cukup rendah sehingga bagi mereka yang ingin melakukan diet makanan ini bisa menjadi pilihan yang tepat dengan beragam cara dan bentuk penyajian. Misalnya dibuat menjadi bubur kacang hijau, es, kue, atau sebagai bahan tambahan dalam jenis minuman tertentu seperti es campur atau es teler.

Sekedar informasi tambahan, selain kacangnya, kecambah kacang hijau juga punya manfaat tak kalah penting antara lain :
1. Antioksidan kecambah membantu memperlambat proses penuaan
2. Mencegah penyebaran sel kanker
3. Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan
4. Sangat baik untuk menjaga keasaman asam lambung dan melancarkan pencernaan.
5. Berguna untuk kecantikan yaitu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

nah udah pada tau manfaatnya kan, sekarang kita intip cara pembuatannya

cekidot~

Resep Bubur Kacang Ijo

bubur-kacang-ijodscn11061

Bahan:

– 200 gram kacang hijau, kupas, rendam 1 jam
– 2 potong gula merah (± 100 gram)
– 100 gram gula pasir
– 3 lembar daun pandan
– 50 gram sagu tani + 50 ml air, aduk rata
– 1 Liter air

Bahan Saus Santan:
– 200 ml santan
– 300 ml air
– 3 lembar daun pandan
– garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Rebus kacang hijau hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.
2. Masak air, gula merah, gula pasir dan daun pandan hingga mendidih.
3. Masukkan kacang hijau kupas yang sudah matang, kemudian aduk sebentar.
4. Masukkan campuran sagu tani dan air ke dalam bubur kacang hijau tadi, aduk rata sampai kental (dengan api kecil). Dan angkat.
5. Saus: masak semua bahan saus santan hingga mendidih.
6. Sajikan bubur bersama saus santan.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.