191842_pasangantidaktipeKebanyakan orang, pada umumnya punya tipe tertentu dalam memilih pasangan. Tapi benarkah orang dengan tipe tersebut yang selama ini benar-benar Anda cari dan bisa memberi kebahagiaan untuk seterusnya? Belum tentu. Sebaliknya, berpacaran dengan pria yang jauh berbeda dari tipe akan memberi lebih banyak dampak positif. Apa saja keuntungannya?1. Keluar dari Kebiasaan
Pakar percintaan Teesha Morgan seperti dilansir Canadian Living mengatakan, jika Anda berencana mencari pasangan untuk hubungan jangka panjang, tanyakan dulu pada diri sendiri apakah hubungan-hubungan asmara yang sebelumnya dijalani berjalan dengan baik. Jika menurut Anda ya, kenapa tidak pernah berlanjut ke jenjang pernikahan dan putus?

Bila jalinan percintaan Anda tak pernah berhasil saat menjalaninya dengan orang yang tipenya mirip, berarti selama ini Anda telah memilih pria yang salah. Artinya, kepribadian Anda dan si dia saling bertolak belakang dan tidak cocok. Cobalah terbuka dengan pria lain yang jauh dari tipe Anda, dan lihat apakah hubungan tersebut berhasil.

2. Mempunyai Perspektif Baru Soal Asmara
Kencan dengan seseorang di luar tipe itu positif karena bisa membantu Anda belajar dan tumbuh menjadi orang yang dewasa secara emosional. Sebagai contoh, bila Anda cenderung menghindari pria seniman atau pencinta seni karena khawatir masa depannya tidak cerah, sebaiknya singkirkan dulu pemikiran tersebut.

Seorang seniman memang rata-rata punya kepribadian eksentrik tapi bukan berarti dia tidak memikirkan masa depan. Dan Anda mungkin akan melewatkan sesuatu yang spesial dari dirinya. “Mereka bisa menunjukkan dunia yang baru pada Anda. Dengan mengencani orang yang jauh dari tipe, Anda bisa jadi pribadi yang lebih bijaksana. Itu adalah perkembangan mental yang positif,” jelas wanita yang juga berprofesi sebagai terapis seks ini.

3. Mendapatkan Pengalaman Baru
Isilah hidup dengan berbagai pengalaman. Termasuk dalam hubungan asmara. Bukan menyarankan untuk gonta ganti pasangan seperti player, tapi ketika sebuah hubungan tak berhasil, sebaiknya jangan terpaku mencari pria yang mirip dengan mantan kekasih Anda. Selama pencarian cinta, Anda mungkin akan merasakan sakit hati, marah, kesal atau kecewa. Tapi dengan berani mengambil risiko dan pengalaman baru, Anda akan tumbuh jadi seseorang yang dewasa dan berpikiran terbuka.

“Seperti mencoba makanan baru. Apa bahayanya? Anda tinggal memasukkannya ke mulut. Kalaupun tidak suka, setidaknya Anda sudah mencoba. Hal terburuk yang bisa terjadi? Mungkin waktu Anda akan sedikit terbuang,” tukas Theesa.

4. Mengenal Kekurangan Diri Sendiri
Ada banyak alasan kenapa seseorang memiliki tipe tertentu dalam memilih pasangan. Menurut Theesa, hal itu bisa disebabkan karena Anda ingin mencari kualitas yang tidak Anda miliki dari orang lain. Jadi Anda ingin melengkapinya dengan seseorang yang punya kapabilitas yang Anda harapkan.

Namun, hal itu tidak serta merta akan menjadikan Anda orang yang sempurna. Anda justru tidak bisa menyadari kekurangan diri dan menghalangi diri untuk jadi seseorang yang lebih baik. Memacari pria yang jauh dari tipe, akan membuka wawasan dan pemikiran dan bisa saling melengkapi kekurangan pada diri masing-masing.