Siapa-Sangka-Wanita-Hidup-Lebih-Lama-dibandingkan-PriaSiapa yang menyangkanya, ternyata wanita hidup lebih lama dibandingkan pria. Hasil sebuah penelitian menjelaskan wanita dapat hidup bertahan lebih lama.

Teori mengenai usia wanita lebih panjang dari pria memang masih diperdebatkan. Seperti dilansir dari Genius Beauty, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Daniel J. Bice, seorang profesor psikiatri dari Universitas Pittsburgh, menunjukkan bahwa wanita akan hidup lebih lama dibanding pria. Dalam penelitian ini berkaitan erat dengan kualitas tidur. Walaupun wanita banyak melakukan kegiatan diluar rumah hingga bekerja dibandingkan pria sehingga sibuk tetapi wanita tetap memiliki waktu yang banyak untuk masalah tidur.

Meski rentan terserang insomnia, wanita lebih mudah untuk mendapatkan tidur berkualitas. Penelitian terdahulu menemukan 30 persen wanita menghabiskan waktu delapan jam untuk tidur malam. Sementara hanya 22 persen pria yang melakukan hal serupa. Bahkan, wanita yang baru melahirkan saja tidur lebih nyenyak dari suaminya. Di Inggris, perbedaan angka harapan hidup pria dan wanita saat ini semakin tipis, yakni sekitar 4,2 tahun (turun dari 6 tahun selama kurun waktu 27 tahun terakhir). Bayi laki-laki dapat hidup hingga usia rata-rata 77,7 tahun, sedangkan bayi perempuan dapat bertahan hingga 81,9 tahun.

Penelitian lainnya menemukan pria yang kurang tidur malam dapat memicu serangan jantung. Dalam penelitian ini ditemukan pria hanya menghabiskan empat persen waktu dari total tidur mereka untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Normalnya, tingkat tidur bisa mencapai 15 persen dari total waktu tidur. Inilah yang menjadi penyebab utama dari timbulnya berbagai masalah pada jantung.