Pengaruh-Mata-Minus-Terhadap-Persalinan Memang ada hubungan antara mata minus dengan proses persalinan. Namun apakah bisa dengan mata minus proses persalinan bisa dilakukan dengan normal?

Mata minus atau rabun jauh, atau miopi (istilah kedokteran) adalah suatu kelainan yang terjadi karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tetapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi apabila kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang. Keadaan ini menyebabkan titik fokus yang seharusnya pada kondisi normal jatuh tepat di retina, menjadi berubah dan terletak di depan retina.

Ibu yang bermata minus tidak bisa melahirkan secara normal, sebab jika minus lebih dari 5 retina mata tidak mampu bertahan saat ibu sedang mengeden, karena selaput retina sangat tipis dan akan menyebabkan kebutaan bagi ibu jika melahirkan secara normal. Melahirkan normal adalah impian setiap wanita. Hanya kadang banyak masalah yang dialami oleh para ibu hamil, seperti : bayi sungsang, bayi melintang, bayi besar, ibu darah tinggi, ibu dengan kondisi lemah, dan lain sebagainya.

Berikut ini tips aman melahirkan bagi ibu bermata minus:
Sectio Caesaria, atau orang awam biasanya menyebutkan operasi sesar. operasi sesar ini sangat aman bagi ibu yang bermata minus, sebab dengan cepat bayi akan lahir dari rahim ibu, tanpa menunggu lama dan tanpa berjam jam ibu harus mengedan.
Jika ibu sangat ingin melahirkan secara normal, segera konsultasikan dengan dokter mata sejak awal kehamilan, agar saat usia kandungan semakin besar para dokter sudah dengan mudah melakukan tindakan yang akan diberikan untuk ibu yang bermata minus.

Untuk itu bagi ibu yang sudah menyadari terdapat beberapa masalah dengan mata nya atau mata minus lebuh dari 5 segera konsultasikan kepada dokter mata dan dokter spesialis kandungan. Jika tindakan yang direncanakan dokter adalah operasi jangan lupa untuk menabung agar segala persiapan yang akan dihadapi saat ibu akan melahirkan sudah matang dan ibu tidak perlu repot repot lagi untuk mencari dana kesana dan kesini. karena semua sudah dipersiapkan sejak awal.