Mengukur-Kesehatan-dengan-Air-KencingBanyak yang tidak menghiraukan air kencing atau disebut juga dengan air seni bahkan sering sekali tidak berarti. Padahal dengan mengetahui air kencing, kita bisa mengukur kesehatan seseorang.

Ada apa sebenarnya dengan air pipis?

Sebagaimana diketahui, manusia diwajibkan banyak minum air, agar cairan tubuhnya tercukupi. Sebagaimana perannya dalam membawa beragam mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh, air juga sebagai pengatur keseimbangan dan temperatur tubuh.

Tak berlebihan jika disebutkan air sebagai sumber kehidupan.

Jika air seni berwarna lebih gelap dan pekat, itu pertanda ginjal bekerja keras menyaring kotoran ataupun racun. Maka dari itu, segeralah minum air lebih banyak lagi untuk membersihkannya. Sebaliknya, jika warnanya terang, berartikadar air dalam tubuh anda mencukupi. Jika air seni berwarna pink, merah muda atau merah, biasanya karena pengaruh makanan. Kalau warnanya coklat atau mirip air teh, itu pertanda adanya gangguan hati seperti hepatitis dan sirosis.

Urine dapat mengungkapkan makanan seseorang. Bahkan perubahan warna, bau, dan konsistensi urine bisa menjadi petunjuk penting status kesehatan seseorang? Normalnya, urine tidak punya bau yang kuat. Namun bila mendapati bau yang tajam, mungkin saja terkena infeksi atau batu ginjal yang sering menimbulkan bau amonia. Adapun bau manis yang menguap dari urine bisa menjadi tanda penyakit diabetes. Urin juga membawa banyak zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Makanya, zat berbahaya dalam ganja, morfin, dan narkotika lainnya, bisa cepat diendus dengan memeriksa air seni.