Ketahui-Pemicu-Emosi-dan-Cara-Mengatasinya Penahkah melihat orang emosi lalu marah-marah yang tidak jelas? atau bahkan hal ini terjadi dengan anda sendiri hanya gara-gara hal yang sepele? Nah perlu sekali untuk mengetahui apa pemicu emosi dan cara mengatasinya.

Kemarahan adalah salah satu jenis emosi yang alamiah, tapi jika emosi ini tidak dapat dikontrol dengan baik tentu bisa merugikan orang lain. Mengapa banyak sekali orang yang mudah marah, bahkan untuk suatu alasan yang tidak jelas. Banyak orang yang emosi dan menumpahkannya dalam bentuk marah-marah. Hal yang paling sulit dilakukan adalah berhenti marah. Namun bila kita sadar akan hal itu semua akan terasa lebih mudah.

Emosi bisa terjadi karena berbagai hal. ada yang bersifat personal seperti watak dan sifat kita yang memang emosional. Tapi ada juga yang disebabkan faktor dari luar. Perasaan emosi harus kendalikan. Emosi yang tak terkendali akan memberikan pengaruh tidak hanya bagi diri kita sendiri, tetapi juga bisa melibatkan lingkungan kita. Dilansir dari Oprah.com, dr. Mehmet Oz mengatakan ada empat hal pemicu emosi dan cara mengatasinya.

a. Menghindari karbohidrat

Jangan berlebihan menghindari karbohidrat apalagi bagi wanita yang menginginkan tubuh ideal, pasti ia menghindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Kandungan karbohidrat dan rasanya yang manis dapat dijadikan sebagai makanan penghilang emosi. Perubahaan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktifitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengurangi stress, emosi dan memelihara rasa bahagia dalam diri, makanan yang kaya karbohidrat bisa menjadi salah satu solusinya namun tentunya jangan berlebihan. Banyak sumber karbohidrat sehat, seperti nasi merah. Untuk memenuhi kebutuhan glukosa, Anda bisa mengonsumsi madu atau buah-bahan manis.

b. Kafein

Kafein merupakan obat psycho-active yang paling banyak digunakan dan dapat memproduksi perasaan senang serta euphoria. Satu cangkir kopi dapat mengubah perasaan mudah marah, tersinggung dan lelah menjadi bahagia. Tapi hati-hati, terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur dan memicu serangan panik.

c. Hormon

Hormon sangat mempengaruhi emosi, apalagi bagi wanita hal ini terjadi setiap bulan. Emosi yang kadang tidak menentu membuat tidak nyaman. Meski begitu, kadang ketimpangan ini tak bisa dihindari juga. Pria bisa mengalami, wanita apalagi. Risiko yang terkait dengan ketidakseimbangan hormon adalah emosi. Anda bisa jadi cemas, depresi, sensitif, sulit konsentrasi, atau berubah mood tiap saat gara-gara hormon sedang tak stabil.