Hubungan-Golongan-Darah-Dengan-Kesuburan-Pada-WanitaBenarkah golongan darah mempunyai hubungan dengan kesuburan pada wanita? Ternyata menurut penelitian, golongan darah berhubungan pada kesuburan yang dialami wanita.

Tingkat kesuburan seorang wanita dapat terlihat dari golongan darahnya. Sebuah studi baru membuktikan hal itu dan untuk hasil penelitiannya menunjukkan bahwa, dari kelompok perempuan di usia 30-an yang mencari bantuan kesuburan medis, orang-orang dengan

golongan darah O memiliki cadangan ovum lebih sedikit dibandingkan dengan perempuan dengan jenis darah lainnya.

Ini berarti indung telur mereka hanya memiliki beberapa butir telur atau telur yang dimiliki persentasinya kecil untuk bertemu dengan keberhasilan selama dalam prosedur fertilisasi in vitro.

Menurut penulis studi Lubna Pal, peneliti endokrinologi reproduksi di Yale University School of Medicine kepada MSNBC Health mengatakan:

“Saya ingin memberi pesan bahwa dalam populasi yang sehat, wanita dengan tipe darah tertentu mungkin mempengaruhi kesuburan mereka”.

Wanita dengan jenis darah A dan AB pada umumnya tidak mengalami berkurangnya jumlah ovum dibandingkan orang lain.

Akan tetapi untuk wanita dengan golongan darah B, para peneliti tidak bisa menentukan apakah cadangan ovarium statistik mereka terpengaruh atau tidak, mengingat jumlah sampel tidak terpenuhi.

Wanita muda dengan jenis darah O, dengan pengujian rutin menjadi salah satu cara untuk menentukan apakah mereka akan bermasalah dengan kesuburan di kemudian hari atau tidak.

Mengukur tingkat follicle-stimulating hormone (FSH) untuk melihat apakah seorang wanita mungkin telah mengalami berkurangnya cadangan ovarium pada tingkat tinggi. Walaupun sebagian besar wanita muda tidak melakukan pemeriksaan akan tingkat FSH secara rutin, namun tidak sedikit pula perempuan yang mengunjungi pusat-pusat kesuburan.