1-Jam-Nonton-TV-Mempersingkat-Hidup-22-Menit Siapa sangka ternyata 1 jam nonton TV bisa mempersingkat hidup 22 menit. Bagi yang hobinya menonton TV bahkan sampai diberi julukan si pecandu televisi harus lebih waspada karena menyita waktu bertahun-tahun hidupnya.

Bahkan sebuah penelitian terbaru menyatakan menonton TV rata-rata 6 (enam) jam setiap harinya dapat memperpendek kehidupan Anda lima tahun. Penelitian yang dipimpin roleh Dr. J. Lennert Veerman dari University of Queensland ini mengklaim, menonton TV merupakan suatu gaya hidup sedentari yang berdampak buruk bagi kesehatan, seperti halnya merokok dan obesitas. Selain itu, dengan terus menonton TV orang akan cenderung tidak aktif dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Temuan ini juga menunjukkan, kebiasaan berlama-lama menonton televisi sebanding dengan faktor risiko yang ditimbulkan akibat merokok. Penelitian menunjukkan bahwa satu batang rokok bisa memotong kehidupan seseorang sebesar 11 menit, setara dengan setengah jam menonton TV. Dalam sebuah artikel British Journal of Sports Medicine, Dr J Lennert Veerman dan koleganya melihat hasil survei terhadap 11.247 warga Australia yang diambil pada tahun 1999-2000. Mereka ditanya tentang waktu yang dihabiskan menonton televisi, dan angka kematian secara nasional.

Menonton TV adalah perilaku yang menempati bagian signifikan dari waktu luang orang dewasa, maka efeknya signifikan bagi kesehatan penduduk secara keseluruhan. Bahkan data lain menunjukkan, selain obesitas, perilaku sedentari seperti keranjingan nonton TV juga terkait dengan timbulnya penyakit lainnya seperti, tingginya kadar emak jahat dalam darah, risiko penyakit jantung, serta lebih mungkin untuk mengonsumsi makanan seperti misalnya junk food.