101320_womaneatBukan hanya makanan berlemak, tinggi kalori atau porsi besar yang bisa membuat gemuk. Tempat di mana kita makan, juga berpotensi menambah ekstra kalori dalam tubuh.

Makan saat berada di jalan atau sambil mengerjakan sesuatu, secara tidak sadar akan membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan.

Untuk itu, hindari melahap makanan di lima tempat ini, seperti dilansir Fit Sugar.

1. Di Dalam Mobil
Makan di jalan bukanlah ide yang bagus jika Anda ingin mengontrol berat badan. Ketika makan sambil menyetir, biasanya kita sering memasukkan makanan ke dalam mulut secepat mungkin untuk menjaga tangan tetap memegang setir. Anda juga terlalu sibuk fokus pada jalanan sehingga tidak memperhatikan berapa banyak makanan yang telah Anda konsumsi. Jika Anda terpaksa harus makan di mobil karena terburu waktu, bawalah camilan dan makanan sehat yang Anda tahu benar berapa jumlah kalorinya.

2. Dapur
Dapur adalah tempat di mana makanan dan bahan-bahannya berkumpul. Jadi tidak heran jika Anda akan menyantap makanan lebih banyak saat berada di dapur. Lebih buruknya lagi, jika Anda makan sambil berdiri di depan kulkas atau lemari makanan yang terbuka –terutama jika di dalamnya terdapat banyak makanan. Jika perut Anda terasa lapar di malam hari, siapkanlah makanan dengan porsi secukupnya di dalam mangkuk atau piring dan nikmati di atas meja makan, bukan berdiri di dapur.

3. Di Depan TV
Bukan acara TV yang jadi masalah, tapi iklannya. Iklan, khususnya iklan makanan atau minuman di TV bisa memperbesar hasrat makan Anda. Dalam setiap acara, pasti tidak lepas dari iklan bertema makanan seperti pizza, mie instan, permen atau kue. Pikiran yang dipenuhi makanan, akan mendorong Anda untuk pergi ke dapur atau kulkas dan kembali ke depan TV dengan membawa sekantung besar keripik kentang, satu mangkuk es krim dan berbatang-batang cokelat.

4. Meja Kerja
Makan di meja kerja, sama bahayanya dengan makan di depan TV atau mobil. Anda terlalu sibuk fokus pada sesuatu sehingga tidak memperhatikan apa yang dimakan. Sebelum menyadarinya, Anda pun sudah menghabiskan sepiring makanan dalam beberapa menit. Ketika makan dengan cepat dan tidak melihat setiap gigitan makanan, otak tidak mengirimkan sinyal berapa banyak makanan yang telah dikonsumsi. Anda pun akan merasa terus lapar dan meraup makanan sebanyak-banyaknya. Jika memungkinkan, sediakanlah waktu 15 menit untuk menjauh dari meja dan makanlah di pantry.

5. Tempat Tidur
Makan di tempat tidur adalah kebiasaan yang buruk dan tidak sehat, baik itu karena sakit atau terlalu malas untuk melangkah ke meja makan. Kegiatan ini mendorong Anda makan tanpa berpikir dan membuat tempat tidur kotor serta penuh kuman. Jangan pernah menyimpan stok camilan di kamar tidur. Santaplah makanan Anda sampai kenyang saat makan malam dan konsumsilah semangkuk kecil buah segar sebelum tidur, untuk menghindari perut keroncongan di tengah malam.