suka parno?? apa sih parno itu??

paranoid ngomong ngomong soal paranoid nih yaaa. jadi ngeJLEB gimana gimana gitu. ntah kenapa, gue ngerasa paranoid banget bangetan, kadang kadang, dan itu dikarenakan (eyaa) gue takut. takut sesuatu yang gue GAK inginkan malah terjadi. gue kira gue udah bebas dari paranoid. ternyata ? sekarang malah dateng lagi ini paranoid bangke .

astaga, nyesek gimana gimana gitu, coba aja bayangin , gue selalu merasa kesindir tiap segala perkataan orang, gue takut mereka ngomongin gue, nuduh gue, bakal ngebully gue, sampai sampai gue diem aja. lebih baik diem deh ya. biar aja kata orang gue sombong atau apalah. gue cuma nyari aman hellooo. dan sekarang ? gue lagi berusaha ngilangin rasa paranoid itu. pergi kek elaaaahh paranoid ga penting ga penting , -___-

paranoid ? apa sih paranoid ?
menurut gue sendiri. paranoid itu perasaan dihantui oleh sesuatu. misalnya, lo ngerasa diikutin. lo ngerasa lagi dikejar kejar atau sejenisnya deh.

paranoid ? datengnya dari mana ?
nah itu gue ga tau, tapi klo gue , ya gara gara kejadian dulu, trauma gak terlalu, cuma takut, takut hal yang dulu akan terulang kembali dan gue takut itu . gue pengen semua keadaan berjalan dengan lancar. minimal ga terulang lagi kejadian yang dulu. udah cukup ngancurin gue.

paranoid ? cara nyembuhinnya gimana ?
itu dia, gue juga ga tau, tolong beritau,(?)
huhu😦

tapi semoga dengan artikel dibawah ini kalian bisa nemuin jawabannya ya🙂

tapi biar lebih singkat baca ini !

Paranoid-Personality-Disorders-11kata parno atau singkatan dari paranoid kerap digunakan terutama oleh remaja sebagai bahasa gaul untuk menggambarkan suatu bentuk ketakutan yang berlebih atas sesuatu.

Definisi yang dimaksud oleh para remaja ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, namun justru penggunaan makna kata paranoid untuk orang yang memiliki status mental yang baik justru itu adalah hal yang salah, karena kata ini bisa saja seharusnya hanya dimiliki oleh orang-orang dengan gangguan jiwa yang berat. Benarkah? Simak terus!

Secara definisi sederhananya, paranoid bisa dikatakan sebagai suatu proses berpikir yang dipengaruhi secara besar oleh suatu bentuk ketakutan yang berlebihan, terkadang juga bisa dikatakan adalah suatu bentuk delusi atau suatu bentuk pemahaman penderita yang telah diketahui oleh orang banyak bahwa itu tidak benar, namun si penderita meyakinkan menurut dirinya bahwa ia meyakini bahwa dirinya benar dengan paham yang diciptakan oleh dirinya sendiri.

paranoid-eye-is-watching-you1 Sebagai contoh pengalaman yang pernah dialami oleh penulis ketika seorang ibu-ibu tua membawa anak laki-lakinya yang telah berumur 35 tahun yang diakui oleh ibunya telah mengalami depresi yang berat karena 10 tahun yang lalu istrinya meninggal ditikam pisau oleh perampok di depan matanya sendiri. Si ibu mengeluhkan bahwa sang anaknya ini tidak bisa melihat pisau sama sekali, bahkan ia pun akan segera menjerit ketika hanya melihat gambar sebuah pisau atau tayangan di televisi, dan bersikukuh bahwa ia akan merasa ditikam seperti istrinya yang tewas beberapa tahun yang lalu. Sang ibu telah berkali-kali meyakinkan bahwa ia aman, namun sang anak tetap yakin bahwa pisau yang ada di dalam gambar dan televisi akan menikamnya.

Dari cerita kejadian diatas, sudah jelas bahwa si penderita ini sangat yakin bahwa sekalipun hanya sebuah gambar atau tayangan di televisi, tetapi ia yakin bahwa ia akan merasa ditikam. Lalu penulis melakukan rujukan kepada dokter spesialis psikiater dengan diagnosis sementara ke arah skizofrenia tipe paranoid, dan memang benar tiga bulan kemudian sang ibu dan anak kembali ke praktik penulis dan mengatakan diagnosis yang sama dan sang anak pun berangsur-angsur sedikit membaik walaupun masih menyisakan gejala-gejala ketakutan yang berlebih.

Dapat disimpulkan, bahwa paranoid bisa jadi adalah suatu gejala dari suatu bentuk gangguan jiwa yang berat, jadi para pembaca, bila Anda merasakan ketakutan yang berlebihan, bahkan suatu obyek yang jelas tidak nyata Anda anggap itu adalah suatu bentuk yang membuat Anda ketakutan berlebihan, mungkin sudah saatnya Anda untuk mulai berkonsultasi kepada dokter spesialis psikiater.

Jadi, sudah jelas bukan?

Bahwa paranoid adalah suatu bentuk ketakutan atau kecurigaan yang berlebihan yang menandakan suatu gangguan jiwa berat, lalu apakah Anda masih ingin menyebut diri Anda paranoid? Pikirkanlah!

sekian🙂 paranoid go go away🙂