huhuhu😥

halo sobat semua, iza lagi pilek nih😥 meler terus ;'(

nyiksa bersin2 mulu..

karna iza lagi pilek makanya iza browsing trus cari2 artikel tentang pilek akhirnya ketemu

tenang aja Iza bakal bagi2 pengetahuan tenntang pilek kok, yaudah langsung aja yak,,

cekidot ~~

Bila Pilek Datang Menyerang

pilekSering kali orang menganggap pilek itu sepele. Namun menjadi tidak sepele bila pilek itu menyerang orang dengan gangguan dengar.
Tahukah anda, bagi orang yang mengalami gangguan dengar sungguh tak nyaman saat pilek itu datang.

Perlu diketahui bahwa telinga dan hidung saling berhubungan. Dimana lubang yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung di sebut dengan tuba eustachius. Apabila mengalami peradangan atau bahkan mampet, tentu saja mempengaruhi telinga.

Beberapa hal yang dirasakan oleh orang yang mangalami gangguan dengar kala pilek itu melanda.- Suara yang di dengar terasa bertambah kecil
– Telinga serasa ada yang menutupi.
– Tidak nyaman menggunakan Alat Bantu Dengar

Apabila pilek itu sudah berlalu, lega rasanya…

***
Cuaca Demak – Kudus  akhir-akhir ini memang tidak stabil, di tambah tingkat polusi yang tinggi, membuat saya seminggu lalu terserang pilek. Hal ini tentu saja membuat saya merasa tidak nyaman. Karena suara yang biasa di dengar bertambah kecil. Jujur saya takut sekali bila harus kehilangan suara yang biasa di dengar.

Pilek, bagi saya sungguh menyiksa. Selain hidung mampet telinga juga merasa ada yang menutupi. Padahal telinga saya baik-baik saja, dalam arti bersih tak ada sumbatan.

Perlu di waspadai juga bila bayi atau balita terkena pilek. Sebab pilek yang lama sembuh juga merupakan salah satu penyebab anak mengalami gangguan dengar. Itulah mengapa jangan pernah anggap sepele bila anak anda pilek.

Pilek memang terlihat sepele dari luar, namun bila anda mau menyadari bahwa pilek itu sungguh menyiksa buat orang mengalami gangguan dengar.
Semoga melalui share tulisan ini bisa lebih mengerti bagaimana pengaruh pilek pada orang yang mengalami gangguan dengar.

 

7 fakta tentang Pilek

batuk-pilek-anak1. Pilek membutuhkan waktu sekitar 48 jam untuk menginfeksi dan membuat Anda sakit.
Jika hidung meler, tenggorokan gatal, pikirkan kembali 48 jam ke belakang. Kemungkinannya virus pilek sudah memasuki tubuh Anda. Para ahli mengatakan virus pilek membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk menanamkan ke dalam lapisan sel-sel dan menghasilkan gejala. Kadang pilek dan flu susah dibedakan. Ron Eccles, BSc, PhD, DSC, Direktur Common Cold Centre di Universitas Cardiff di Inggris menyatakan virus pilek biasanya tak menyebabkan demam pada orang dewasa. Sedangkan demam dan batuk adalah tanda utama influenza.

2. Senjata terbaik melawan pilek adalah olah raga.
Bukan obat ataupun suplemen vitamin, tapi olah raga. Peneliti Appalachian State University telah mempelajari bagaimana sistem kekebalan tubuh dan virus dipengaruhi oleh olah raga. Para peneliti mengatakan jika ingin benar-benar menangkal flu musim dingin ini, cara terbaik adalah 30 menit berjalan kaki cepat 5 kali per minggu. “Latihan ringan ini baik karena memindahkan darah ke seluruh tubuh dan juga menggerakkan sel darah putih untuk mencari infeksi,” kata Dr Eccles.

3. Kurang tidur salah satu penyebabnya
Berapa banyak yang tidur Anda semalam? ”Kalau kurang dari tujuh jam, Anda tiga kali lebih mungkin untuk pilek,” kata peneliti di Carnegie Mellon University. Gunakan waktu tidur dengan efisien. Peserta studi yang menghabiskan kurang dari 92 persen waktu tidur mereka setidaknya lima kali lebih besar kemungkinan terkena pilek.

4. Jus jeruk tak menangkal pilek
Lebih dari 30 studi yang dilakukan oleh para peneliti di Australian National University dan University of Helsinki mengatakan bahwa untuk sebagian besar orang, vitamin C tidak mencegah atau menyembuhkan gejala flu.

5. Bunga Echinacea bisa membantu melawan virus pilek
Tumbuhan dengan bunga warna ungu ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga bisa melawan virus flu dan pilek. Peneliti dari Universitas Connecticut mempelajari lebih dari 1.600 orang yang menggunakan bunga ini. Mereka melaporkan, Echinacea bisa mengurangi kemungkinan terkena pilek hingga 50 persen dan mengurangi durasi sakit pilek sekitar 1,4 hari.

6. Virus pilek bisa membuat gemuk
Peneliti di Rady Children’s Hospital di San Diego menemukan anak-anak yang telah terinfeksi oleh 36 adenovirus, virus flu biasa yang menyebabkan gejala pilek kadang-kadang juga terkena masalah pencernaan. Berat badan mereka 50 pon lebih berat dari anak-anak yang belum terinfeksi virus ini. Namun virus ini bukan penyebab utama masalah berat badan .

7. Minuman panas dapat membantu menghilangkan gejala virus pilek
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru dari Rhinology jurnal, peneliti di Inggris mengatakan menyeruput minuman panas dapat memberikan bantuan langsung dan berkelanjutan dari gejala terburuk dari flu, seperti batuk, bersin, pilek, sakit tenggorokan dan kelelahan.

 

TIPS MENGATASI PILEK

imagesPilek biasanya datang mengiringi batuk. Adapun penyebab pilek yaitu virus dan alergi.
Untuk alergi biasanya alergi dari debu dan alergi dari bulu binatang peliharaan.

Beberapa tips menangani pilek :

1. Jika penyebab pilek alergi, hindarilah penyebab alergi tersebut.
2. Perbanyak minum air hangat dan cukup istirahat.
3. Hindari kegiatan fisik yang berlebihan.
4. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalori dan protein tinggi.
5. Perbanyak makan buah buahan segar.

 

 

 

semoga bermanfaat🙂