Sebagai blogger baru, Saya kebingungan untuk memilih antara wordpress atau blogspot. Suka liat-liat blog Mastah yang sudah mondar-mandir di dunia blog terlebih dahulu. Dan hasil yang Saya dapatkan, cukup seimbang antara wordpress dan blogspot. Ada yang make wordpress dan ada juga yang make blogspot. Lihat review dari Saya:

Ada dua tipe blog:

1. Masih nyantol sama induk domain, seperti : domain.wordpress.com atau domain.blogspot.com
2. Self Hosting : Kalo yang ini punya nama domain sendiri tanpa embel-embel wordpress atau blogspot dibelakangnya. Tetapi mesin yang dipakai tetap wordpress atau blogspot.

Nyantol sama induk domain
Walaupun secara peringkat Alexa, wordpress.com dibawah blogspot.com, tapi CMS wordpress banyak dipakai, dan hal ini tidak terhitung oleh Alexa, karena sifatnya yang self hosting. Sehingga Saya belum menemukan data valid mana yang lebih banyak dipakai.

1. Template. Sama saja, tidak terlalu ada perbedaan. Antara blogspot dan wordpress mempunyai template yang sama-sama menarik.

2. SEO. Masalah ini Saya kurang tau, apakah blogspot mempunyai SEO yang lebih baik dengan wordpress di Google. Yang jelas konten yang orisinil, faster dan hot lebih disukai mesin pencari.

Self Hosting
Kelebihan WordPress:

1. Kamu adalah bajak laut di kapal kamu sendiri, mulai dari bandwidth, memory server, hosting dan sebagainya. Kamu pemegang penuh source code dari blog Kamu. Dan Kamu harus benar-benar cari tempat hosting yang baik dan rekomen. Tanya forum atau teman Kamu yang sudah berpengalaman memakai CMS WordPress. Lihat rekomendasi dari wordpress.org tentang hosting. Dan ingat, Kamu bajak laut di kapalmu sendiri, dan harus bangga.

2. Kamu punya fasilitas yang ga didapetin sama orang-orang yang masih ngeblog di wordpress.com, yakni add-on plugin, dan source code blog kamu, termasuk templatenya.

Kekurangan WordPress:

1. Kontras dengan kelebihannya, karena Kamu yang atur sendiri, jadi siap-siap di suspend/ditunda hosting Kamu kalo tiba-tiba traffik website kamu melonjak dan ngebebanin server hosting.

2. Liat-liat di forum, memory yang dibutuhkan wordpress besar, tapi jangan khawatir hosting di Indonesia juga sudah ada yang mumpuni untuk itu.

3. Rajin back-up data, kecuali kalo hosting Kamu qualified banget. Saya pernah beli hosting murah, ternyata sering down. Data-data pun hilang. Jadi hati-hati ya.

Kelebihan Blogspot:

1. Kamu ga perlu repot-repot mikirin bandwith, back-up data, kapasitas harddisk, semua yang ngatur Google. Ya, tinggal blog dan post. Traffik melonjak tidak perlu takut untuk memikirkan kena suspend.

2. Cepat dan nyaman. Pengunjung yang datang ke blog kamu akan merasakan kecepatan seperti halnya blogspot atau datang ke server Google yang lain.

3. Monetize untuk ad-sense Google lebih mudah, karena sudah ada widgetnya.

Kekurangan Blogspot:

1. Ga ada bedanya antara blogspot.com dengan self hosting(custom domain), semua fasilitas yang didapatkan sama.

2. Di Deleted total, yap karena data-data blog Kamu ada di server Google. Kalo Kita ngelanggar TOSnya blogspot.com , bisa di deleted permanent.

3. Minim source code, walaupun semua widget, posisition bisa diatur lewat XMLnya, tapi bagi Saya kurang keci.

Bagikan post ini ke temen, kerabat, keluarga atau sahabat Kamu. Semoga bermanfaat ya.