hehe😀

aneh yaa sama judul artikel saya :p memang aneh kok saya juga ngrasa aneh😀

tapi berhubung kemarin sore katanya ada angin puting beliung dan membuat jalan sepanjang kudus menuju demak banyak yang hancur terlebih ini disangkut pautkan dengan tanggal 21 DESEMBER 2012

yang katanya kiamat😮

makin penasaran kan?

untuk itu mari kita ulas tentang  angin puting beliung🙂

yaudah langsung  yakk cekidot ~~

47puting-beliungApa sih angin puting beliung itu?

Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit.

Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya.

Mari kita lihat gejala awal dan karakteristik Puting Beliung :

 

Gejala Awal Puting Beliung

* Udara terasa panas dan gerah (sumuk).

* Di langit tampak ada pertumbuhan awan Cumulus (awan putih bergerombol yang berlapis-lapis).

* Diantara awan tersebut ada satu jenis awan mempunyai batas tepinya sangat jelas bewarna abu-abu menjulang tinggi yang secara visual seperti bunga kol.

* Awan tiba-tiba berubah warna dari berwarna putih menjadi berwarna hitam pekat (awan Cumulonimbus).

* Ranting pohon dan daun bergoyang cepat karena tertiup angin disertai angin kencang sudah menjelang.

* Durasi fase pembentukan awan, hingga fase awan punah berlangsung paling lama sekitar 1 jam. Karena itulah, masyarakat agar tetap waspada selama periode ini.

Proses Terjadinya

h_3Proses terjadinya angin puting beliung, biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul,

akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak.

 

 

 

 

Karakteristik Puting Beliung
– Puting berliung merupakan dampak ikutan awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa tumbuh selama periode musim hujan, tetapi tidak semua pertumbuhan awan CB akan menimbulkan angin puting beliung.
– Kehadirannya belum dapat diprediksi.
– Terjadi secara tiba-tiba (5-10 menit) pada area skala sangat lokal.
– Pusaran puting beliung mirip belalai gajah/selang vacuum cleaner.
– Jika kejadiannya berlangsung lama, lintasannya membentuk jalur kerusakan.
– Lebih sering terjadi pada siang hari dan lebih banyak di daerah dataran rendah.

 

Dampak

hal16Dampak yang ditimbulkan akibat angin puting beliung dapat menghancurkan area seluas 5 km dan tidak ada lagi angin puting beliung susulan. Rumah akan hancur dan tanaman akan tumbang diterjang angin puting beliung, mahluk hidup bisa sampai mati karena terlempar atau terbentur benda keras lainnya yang ikut masuk pusaran angin.

 

 

 

 

KESIMPULAN :

Jika kita melihat dari keterangan diatas, tentunya kita bisa mengetahui bahwa perubahan iklim sangat mempengaruhi terjadinya angin puting beliung. Namun, kebanyakan dari kita tidak menyadari jika dampak perubahan iklim juga sudah terjadi baik yang dampak langsung maupun tidak langsung.

Puting beliung atau hujan angin itu merupakan dampak perubahan iklim yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

Karena itu agar terhindar dari terjangan angin puting beliung perlu diambil langkah-langkah antisipatif seperti pohon yang rimbun dan tinggi serta rapuh perlu segera dipotong dahan-dahannya untuk mengurangi beban berat pada pohon tersebut, atap rumah yang sudah rapuh diganti atau diperkuat serta cepat berlindung atau menjauh dari lokasi kejadian, bila mengetahui adanya indikasi akan terjadi angin puting beliung

 

semoga bermanfaat🙂