Perbandingan dan Perbedaan WordPress dot com dengan WordPress hosting sendiri.

Sudah dijelaskan di beberapa artikel yang lainnya bahwa cara membuat blog di wordpress dot com, bahwa ada 2 jenis blog wordpress. Yaitu wordpress dot com dan wordpress hosting sendiri (self-hosted). Pada dasarnya keduanya mempunyai fitur yang bisa dibilang sama. Istilah lain dari WordPress hosting sendiri adalah : WordPress dot org, atau WordPress self-hosted.

 

Agar lebih mudah membedakannya di bawah ini beberpa perbedaan dari wordpress dot com dengan wordpress hosting sendiri :

1. Plugin – Plugin adalah tools wordpress yang digunakan untuk menambah kinerja dan memungkinkan wordpress mempunyai fungsi tertentu. Di WordPress hosting sendiri /self-hosted kita bisa menambah, mengedit, dan mengganti plugin. Sedangkan di WordPress dot com hal tersebut tidak memungkinkan.

2. Theme – Theme adalah tema display atau penampakan dari blog wordpress. Perbedaan wordpress dot com dengan wordpress hosting sendiri dalam hal penggunaan theme adalah, Pada WordPress self-hosted kita bisa ganti theme dengan cara mengupload. Dan kita bisa pakai theme wordpress apapun. Tidak terbatas. Sedangkan pada WordPress dot com, theme hanya bisa diganti / dipilih dari kumpulan theme yang sudah tersedia.

3. Biaya – Ngeblog dengan WordPress dot com kita ngga perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Tinggal daftar dan mulai ngeblog. Namun pada wordpress jenis satunya, kita harus mengeluarkan uang untuk membeli domain dan menyewa hosting.

4. Google Analystic – Google Analystic adalah tool laporan statistik website dari google. Google analystic mempunyai sistem report yang sangat lengkap. Kita ngga bisa mendaftarkan wordpress dot com di google analystic. Tapi untuk fasilitas Google Webmaster, bisa. Sedangkan untuk WordPress dot org, semuanya memungkinkan.

5. Monetized – WordPress dot com sangat sulit untuk menghasilkan uang karena ada syarat yang sulit terpenuhi, yaitu masalah minimum jumlah visitor yang sangat tinggi. Kita tidak bisa memasang script iklan maupun affiliasi disana jika belum memenuhi syarat tersebut. Sedangkan untuk WordPress hosting sendiri, jelas kita bisa jungkir balik bebas, pasang iklan bisa, pasang link affiliasi juga bisa.
Kayanya perbedaan WordPress dot com dengan WordPress hosting sendiri hanya 5 hal itu yang paling mendasar. Intinya, Kita lebih bebas mengeksplore blog wordpress self-hosted, walaupun harus mengeluarkan sedikit biaya.

Tapi ada manfaatnya juga lho kalau kita harus keluarkan uang untuk membangun blog. Apa itu coba? Yang jelas kita akan lebih care sama blog kita, soalnya ngga gratis. Biasanya sesuatu yang tidak gratis akan membuat kita lebih peduli dan lebih bersungguh-sungguh.

Yang jelas cara membuat blog wordpress dari kedua jenis wordpress tersebut sekali lagi relatif sama dalam hal memanagenya. Untuk masalah bagaimana membeli domain, menyewa hosting, dll, kita bahas di artikel terpisah nanti yah. Kalau mau install wordpress yang self-hosted silahkan baca artikel cara install wordpress online yah.