bahan membuat kue nastar

Seperti sudah tradisi kalau lebaran selalu ada kue nastar. Bahkan sebelum lebaran seperti ramadhan saat ini sudah ada banyak kue nastar dipasaran, tetapi kalau bentuk dan rasanya monoton alias hanya begitu-begitu saja, tentu bikin bosan bukan? berikut ini kue nastar hasil improvisasi sehingga menghasilkan karya yang lain. eh ternyata rasa dan penampilannya enak juga loh. Inilah resep dan cara membuatnya yang bisa anda praktekan di rumah.

Bahan-bahan kue nastar :

– Selai nanas yang dibuat sendiri.
Untuk 1/4 kg mentega cukup sebiji nanas yang kecil. Kupas, lumuri garam sedikit lalu cuci, dan diparut.
– Buat karamel dari 3 sendok makan(sdm) gula pasir, setelah baunya hampir gosong tuangkan parutan nanas dan sepotong kecil kayu manis. Begitu airnya mulai berkurang, tambahkan gula merah, cicipi sampai manisnya sesuai dengan keinginan kita. Tambahkan 1 sdm tepung terigu, aduk sampai kalis dan bisa dipulung.
– kalau mau simple bisa juga pakai selei nanas botol merek apa saja, tapi tetap dimasak mateng.
-Tambah kayu manis dan 1 sdm tepung terigu, aduk lagi sampai kalis dan bisa dipulung. Tetapi umumnya selei botolan berwarna kuning muda, oleh karena itu saya lebih suka membuat sendiri memakai gula merah. Disamping warnanya merah, rasapun menjadi gurih.

-Untuk bahan memoles: 3 butir kuning telur dikocok. Bisa diganti dengan polesan roti yang sudah jadi, diberi pewarna makanan atau pewarna sirop yang banyak dijual, sesuai keinginan kita.

– Membuat kulitnya: 1/4 kg mentega blueband + 2 sdm mentega wisman + 2 biji kuning telur + 1/4 sdt vanili. Kocok semua bahan sampai lembut, lalu + susu bubuk 2 sdm + 2 atau 3 lembar daun jeruk purut yang sudah digunting tipis2. Kalau mau tambahkan 1 sdm gula halus, tapi saya tidak memakai gula. Kocok sekali lagi sampai lembut. Terakhir tambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai adonan terasa mengeras dan bisa dipulung.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Cara membuat kue nastar :

Ambil adonan kulit, isi dengan selai nanas. Bila ingin bentuk mangga, daun, cabe atau bentuk labu dan pir tinggal tergantung pada kreasi dan seni kita. Untuk pemula barangkali pilihan bentuk labu lebih gampang.

Adapun untuk membuat daunnya, ambil sedikit adonan, teteskan sedikit2 pewarna hijau dari aroma pandan, uleni sampai adonan menjadi hijau muda. Bahan inilah yang dibuat daun labu, daun mangga, dll.

Setelah berbentuk bulat, karena saya juga seorang penjahit, saya mempunyai rader, maka adonan saya iris dengan rader perlahan-lahan, sampai membentuk labu, lalu diatasnya ditekan dengan telunjuk, diberi daun dan tancapkan cengkih agar menyerupai tangkai labu, mangga atau buah pir.

cara membuat kue nastar

Panaskan oven kira2 170 derajat selama 15 menit lalu masukkan kuenya. Perhatikan oven jangan terlalu panas, karena bisa membuat kue akan pecah. Panggang selama 40 menit, lihat apabila kuenya sudah matang, keluarkan dari oven dan poles dengan kuning telur yang telah diberi warna orange, memakai kuas khusus untuk kue, jangan pakai kuas lukisan ya

 

resep kue nastar

resepkuenastarkeju

Untuk membuat polesan berwarna orange, pakai pewarna merah cabe sedikit dicampur dengan warna kuning sedikit sampai timbul warna orange. Belilah pewarna cair untuk sirop cap “Koepoe-Koepoe”

Setelah dikuas, masukkan kue sekali lagi, panggang kira2 5 menit dengan api kecil. Setelah matang kue disusun dalam toples. Beri hiasan pita bila ingin terlihat cantik.

Demikian resep kue nastar pilihan yang bisa memeriahkan lebaran..