Di awal tahun, film-film yang hadir di bioskop cenderung low profile. Tapi, dengan datangnya bulan Maret, Hollywood akan mulai mengeluarkan film-film tentpole yang akan menarik penonton dalam jumlah besar. Film aksi fantasi yang sudah lama ditunggu, The Hunger Games (2012), akan hadir di akhir bulan nanti untuk memuaskan para penggemar novelnya. Lalu, film-film apa saja yang akan menghibur Anda bulan Maret nanti?

PENEROKA – Di awal tahun, film-film yang hadir di bioskop cenderung low profile. Tapi, dengan datangnya bulan Maret, Hollywood akan mulai mengeluarkan film-film tentpole yang akan menarik penonton dalam jumlah besar. Film aksi fantasi yang sudah lama ditunggu, The Hunger Games (2012), akan hadir di akhir bulan nanti untuk memuaskan para penggemar novelnya. Apakah penampilan Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen akan mampu untuk mengangkat The Hunger Games menjadi pembuka sebuah franchise yang sukses?

Film yang juga penuh dengan resiko, John Carter (2012), akan mencoba untuk membuktikan apakah sentuhan emas Andrew Stanton tetap efektif di luar proyek-proyek animasi Pixar. John Carter yang hadir sebagai film dengan pembuatan paling besar di tahun ini dibintangi oleh Taylor Kitsch yang belum punya bukti kuat bahwa dirinya dapat menjadi magnet box office. Apakah John Carter akan menjadi film pertama di tahun ini yang menderita kerugian besar, atau justru berubah menjadi monster hit? Tentunya, bulan Maret tak hanya akan diisi dengan film-film ini saja. Apa saja film-film yang menarik untuk disimak bulan depan? Berikut adalah daftar sepuluh film yang akan dirilis di bulan Maret 2012.

1. Dr. Seuss’ The Lorax

TheLorax-Poster

Film yang diadaptasi dari cerita karya Dr. Seuss’ ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Ted (Zac Efron) yang tinggal di kota Thneedville. Tetangganya, Audrey (Taylor Swift), sangat tertarik untuk melihat pohon, padahal, tidak ada pohon asli di kota ini. Ted yang naksir dengan Audrey berusaha untuk menyenangkan gadis ini dengan cara mencari tahu mengapa pohon-pohon di Thneedville menghilang. Petualangannya pun membawa Ted bertemu dengan Once-ler (Ed Helms), yang menceritakan kisah tentang makhluk imut pelindung alam bernama Lorax (Danny DeVito).

Sutradara: Chris Renaud, Kyle Balda
Penulis: Ken Daurio dan Cinco Paul (naskah), Dr. Seuss (buku)
Pengisi Suara: Zac Efron (Ted), Taylor Swift (Audrey), Betty White (Norma), Ed Helms (Once-ler), Danny DeVito (The Lorax), Rob Riggle (O’Hare)
Genre: Animasi, keluarga, fantasi
Tanggal Rilis: 2 Maret 2012 (Amerika Serikat)

2. John Carter

JohnCarter-Poster

Film yang disutradarai Andrew Stanton ini merupakan proyek live action pertamanya setelah bertahun-tahun menjadi sutradara film-film Pixar. Film yang diadaptasi dari novel klasik karya Edgar Rice Burroughs ini bercerita tentang John Carter (Taylor Kitsch), seorang veteran perang sipil yang tiba-tiba berpindah ke Mars secara misterius. Mars yang ternyata dihuni oleh berbagai macam makhluk sedang dirundung konflik. Disini, ia pun bertemu dengan Tars Tarkas (Willem Dafoe) dan Putri Dejah Thoris (Lynn Collins) yang menawan. Tak hanya terancam oleh peperangan yang terjadi antara para penghuninya, planet ini pun ternyata menghadapi masalah yang lebih besar. Mengetahui bahwa keselamatan Mars dan para penghuninya berada di tangannya, John pun berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan tempat ini dari kehancuran.

Sutradara: Andrew Stanton
Penulis: Andrew Stanton, Mark Andrews, dan Michael Chabon (naskah), Edgar Rice Burroughs (cerita A Princess of Mars)
Pemeran: Bryan Cranston (Powell), Willem Dafoe (Tars Tarkas), Mark Strong (Matai Shang), Taylor Kitsch (John Carter), Ciarán Hinds (Tardos Mors), Dominic West (Sab Than), Lynn Collins (Dejah Thoris)
Genre: Aksi, petualangan, fantasi, fiksi ilmiah
Tanggal Rilis: 9 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

3. Salmon Fishing in the Yemen

SalmonFishingInTheYemen-Poster

Seorang pakar perikanan dari Inggris, Fred Jones (Ewan McGregor), dihubungi oleh seorang konsultan bernama Harriet Chetwode-Talbot (Emily Blunt) dan diminta untuk membantu seorang sheikh untuk mewujudkan impiannya. Sang sheikh (Amr Waked) percaya bahwa kegiatan memancing salmon yang disukainya dapat memperkaya kehidupan rakyatnya. Ia pun meminta agar Fred dapat membantunya untuk membuat agar olah raga memancing salmon tersebut dapat dilakukan di negaranya. Dalam pemikiran Fred, melakukan hal tersebut di tempat yang tandus dan tak nyaman ditinggali ikan-ikan salmon merupakan proyek absurd yang tak mungkin tercapai. Tapi, ketika berita bahwa proyek ini dibesar-besarkan di media oleh sekretaris pers sang Perdana Menteri, Fred dan timnya pun harus berusaha sekuat tenaga untuk membalikkan semua ketidakmungkinan ini menjadi kesuksesan.

Sutradara: Lasse Hallström
Penulis: Simon Beaufoy (naskah), Paul Torday (novel)
Pemeran: Emily Blunt (Harriet Chetwode-Talbot), Ewan McGregor (Fred Jones), Kristin Scott Thomas (Bridget Maxwell), Rachael Stirling (Mary Jones), Amr Waked (Sheikh), Tom Mison (Robert)
Genre: Komedi, drama, percintaan
Tanggal Rilis: 9 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

4. Friends with Kids

FriendsWithKids-Poster

Dua teman yang masih lajang, Julie Keller (Jennifer Westfeldt) dan Jason Fryman (Adam Scott), melihat kehidupan teman-teman mereka menjadi rusak setelah menikah dan punya anak. Bila sebelum memiliki buah hati, pasangan Missy (Kristen Wiig) dan Ben (Jon Hamm), serta Leslie (Maya Rudolph) dan Alex (Chris O’Dowd) masih sempat untuk punya kehidupan sosial, kini hal itu pun jarang lagi terjadi. Julie dan Jason pun sebenarnya ingin punya anak karena lama kelamaan mereka pun semakin bertambah tua, tapi, mereka tak ingin hal tersebut ditambah rumit dengan kehidupan pernikahan. Karena itu, keduanya pun memutuskan untuk memiliki anak tanpa menikah, dan juga sambil berhubungan dengan pasangan masing-masing. Apakah rencana Julie dan Jason dapat berjalan dengan mulus?

Sutradara: Jennifer Westfeldt
Penulis Naskah: Jennifer Westfeldt
Pemeran: Adam Scott (Jason Fryman), Jennifer Westfeldt (Julie Keller), Maya Rudolph (Leslie),Chris O’Dowd (Alex), Kristen Wiig (Missy), Jon Hamm (Ben), Megan Fox (Mary Jane)
Genre: Komedi
Tanggal Rilis: 9 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

5. 21 Jump Street

21JumpStreet-Poster

Dua polisi muda, Schmidt (Jonah Hill) dan Jenko (Channing Tatum), bergabung dalam sebuah program rahasia bernama Jump Street. Karena wajah mereka yang terlihat masih muda, keduanya ditugaskan untuk melakukan penyamaran di sebuah SMA. Baik Jenko dan Schmidt sebenarnya punya masa lalu yang tak enak saat masih SMA. Karena itu, saat mereka harus menukarkan lencana dan senjatanya dengan buku dan tas sekolah, tentunya misi ini tak menjadi lebih mudah. Saat menyelidiki jaringan pengedar narkotika berbahaya yang menyasar anak-anak muda, keduanya menyadari bahwa kehidupan anak SMA di jaman saat mereka sekolah dan di saat ini sudah sangat berbeda. Keduanya pun harus menguatkan dirinya dan melupakan masa lalu mereka saat sekolah untuk menyukseskan penyamaran mereka dan menuntaskan kasus ini.

Sutradara: Phil Lord, Chris Miller
Penulis Naskah: Michael Bacall
Pemeran: Channing Tatum (Jenko), Jonah Hill (Schmidt), Jake M. Johnson, Ellie Kemper (Ms. Griggs), Ice Cube (Capt. Dickson), Brie Larson (Molly)
Genre: Aksi, komedi
Tanggal Rilis: 16 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

 

6. Casa de mi Padre

CasaDeMiPadre-Poster

Armando Alvarez (Will Ferrell) telah hidup dan bekerja di peternakan ayahnya di Meksiko seumur hidup. Saat peternakan tersebut mengalami masalah keuangan, adiknya, Raul (Diego Luna) kembali dengan tunangannya yang cantik, Sonia (Genesis Rodriguez). Karena Raul nampaknya sudah menjadi pengusaha yang sukses, hati Armando pun menjadi tenang karena sang adik sudah berjanji akan membantunya untuk mempertahankan peternakan ini. Tapi, rencana tersebut tak berjalan mulus karena Armando pun jatuh cinta pada Sonia, dan bisnis yang dilakukan oleh Raul ternyata tak sepenuhnya legal. Keadaan berubah menjadi sangat berbahaya saat keluarga ini justru terjebak dalam peperangan dengan Onza (Gael Garcia Bernal), gembong narkotika paling ditakuti di Meksiko.

Sutradara: Matt Piedmont
Penulis Naskah: Andrew Steele
Pemeran: Genesis Rodriguez (Sonia), Will Ferrell (Armando Alvarez), Gael García Bernal (Onza), Nick Offerman (Agent Parker), Diego Luna (Raul), Efren Ramirez (Esteban)
Genre: Komedi
Tanggal Rilis: 16 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

 

7. The Hunger Games

TheHungerGames-Poster2

Di masa depan, Amerika Serikat sudah lenyap karena dilanda kekeringan, kelaparan dan perang. Amerika Serikat kemudian digantikan oleh Panem, sebuah negara yang terbagi menjadi 12 distrik. Setiap tahun, dua wakil muda dari tiap-tiap distrik dipilih berdasarkan lotere untuk berpartisipasi dalam The Hunger Games. Dalam permainan ini, tiap-tiap wakil dari distrik tersebut akan bertarung sampai mati untuk memperebutkan hadiah untuk distriknya. Saat adik Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) yang bernama Prim terpilih untuk maju dalam permainan ini, Katniss memilih untuk mengantikannya dengan sukarela. Ia dan Peeta (Josh Hutcherson), wakil laki-laki dari distriknya, akan bertarung melawan para wakil kuat yang telah berlatih bertahun-tahun untuk mengikuti event ini.

Sutradara: Gary Ross
Penulis Naskah: Gary Ross, Suzanne Collins, Billy Ray
Pemeran: Jennifer Lawrence (Katniss Everdeen), Josh Hutcherson (Peeta Mellark), Elizabeth Banks (Effie Trinket), Liam Hemsworth (Gale Hawthorne), Woody Harrelson (Haymitch Abernathy), Isabelle Fuhrman (Clove)
Genre: Aksi, drama, fiksi ilmiah, thriller
Tanggal Rilis: 23 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

 

8. Wrath of the Titans

WrathOfTheTitans-Poster

Sepuluh tahun setelah mengalahkan Kraken, Perseus (Sam Worthington), mencoba untuk hidup dengan tenang sebagai nelayan di sebuah desa kecil. Ia juga sibuk menjaga anaknya yang berusia 10 tahun, Helius. Sementara itu, peperangan untuk memperebutkan kekuatan masih berlangsung antara para dewa dan Titan. Karena manusia lama-kelamaan tidak terlalu berbakti lagi pada mereka, para dewa pun mulai kehilangan kekuatannya, sehingga para Titan yang ditahan serta pimpinannya, Kronos, pun lepas. Di tengah semua kericuhan ini, Perseus mendengar bahwa Hades (Ralph Fiennes) telah berkhianat. Tentunya, ia tidak bisa berdiam diri ketika mengetahui bahwa Hades telah membuat perjanjian dengan Kronos untuk menangkap Zeus (Liam Neeson).

Sutradara: Jonathan Liebesman
Penulis Naskah: Dan Mazeau dan David Johnson
Pemeran: Liam Neeson (Zeus), Sam Worthington (Perseus), Ralph Fiennes (Hades), Rosamund Pike (Andromeda), Bill Nighy (Hephaestus), Toby Kebbell (Agenor)
Genre: Aksi, petualangan, fantasi
Tanggal Rilis: 30 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

 

9. Mirror Mirror

MirrorMirror-Poster

Dalam kisah yang dibuat berdasarkan adaptasi lepas dari dongeng Grimm Bersaudara ini, Snow White (Lily Collins) diceritakan telah terusir dari kerajaannya karena ulah si ratu jahat (Julia Roberts). Dengan bantuan tujuh kurcaci, Snow White pun berusaha untuk merebut kembali takhta dan kerajaannya, serta memenangkan hati Pangeran Andrew Alcott (Armie Hammer). Apakah Snow White akan berhasil mengalahkan sang ratu dalam kisah komedi keluarga ini?

Sutradara: Tarsem Singh
Penulis Naskah: Melissa Wallack, Jason Keller
Pemeran: Julia Roberts (Evil Queen), Lily Collins (Snow White), Armie Hammer (Prince Andrew Alcott), Sean Bean (The King), Nathan Lane (Brighton), Mare Winningham (Baker Margaret)
Genre: Petulangan, komedi, drama, fantasi
Tanggal Rilis: 30 Maret 2012 (Amerika Serikat)

 

 

10. Goon

Goon-Poster

Doug Glatt (Seann William Scott) adalah seorang penjaga pintu di sebuah bar di Beantown yang bermimpi menjadi pemain hoki professional seperti atlet favoritnya, Ross Rhea (Leiv Schreiber). Suatu ketika, Doug terlibat dalam sebuah perkelahian dengan seorang preman. Pelatih Halifax Highlanders menyaksikan hal ini dan melihat bahwa Doug memliki potensi sebagai seorang pemain hoki. Meski dicemooh, Doug berhasil masuk dalam tim hoki tersebut. Doug yang disemangati oleh teman baiknya yang terobsesi dengan permainan hoki (Jay Baruchel), akhirnya berhasil menjadi bintang hoki baru. Kesuksesan ini akhirnya mengantarkan Doug pada sebuah pertandingan yang mempertemukannya dengan Ross, sang idola. Apakah Doug dapat menjadi pemenangnya?

Sutradara: Michael Dowse
Penulis: Jay Baruchel dan Evan Goldberg (naskah), Adam Frattasio dan Doug Smith (novel Goon: The True Story of an Unlikely Journey into Minor League Hockey)
Pemeran: Jay Baruchel, Seann William Scott (Doug Glatt), Alison Pill (Eva), Liev Schreiber (Ross Rhea), Kim Coates (Ronnie Hortense), Eugene Levy
Genre: Komedi, olahraga
Tanggal Rilis: 30 Maret 2012 (Amerika Serikat)