HelloGoodbye sebuah film karya Titien Wattimena yang mengusung kisah cinta dua insan anak bangsa di negeri orang, Korea. dengan mengambil latar seutuhnya di Korea film ini serasa beda dengan film-film indonesia lainnya, atmosfir yang dirasa dari segi gambar dan angel yang mirip dengan gaya film korea.

Synopsis Film Hello Goodbye

134907779080489_300x430Kisah cinta seorang anak bangsa, Indah (Atiqah Hasiholan) yang bertugas di Korea sebagai KBRI di negeri gingseng tersebut, harus merawat seorang ABK kapal yang terpaksa dirawat darurat di Busan, Korea Selatan.

Abimanyu (Rio Dewanto) seorang ABK kapal yang memiliki penyakit kronis karena jantungnya yang bermasalah dan mengakibatkan kerusakan pada paru-parunya. mereka berdua memiliki tekanan psikologis masing-masing. Indah yang ingin sekali pulang ke Indonesia, dan Abimanyu yang sendiri seperti hidup sebatang kara.

Dengan sifat yang emosional, Abimanyu hanya menambah stress Indah yang juga memiliki banyak masalah. bahkan Abimanyu tak segan-segan membuang obat yang harus diminumnya. Indah yang sering kali kesal terus berusaha sabar karena ini adalah tugasny sebagai KBRI.

HelloGodbye Masuk Busan Internatioal Film Festival

Film ini telah memberikan kontribusi positif kepada perfilman Indonesia, karena Film ini telah masuk ke dalam Busan Internatioal Film Festival dan diputar selama 3 hari di sana. Tentu saja ini menjadi prestasi perfilman Indonesia yang membanggakan bangsa Indonesia dan insan Film di Indonesia.

Selain diperankan oleh Atiqah Asiholan dan Rio Dewanto film ini juga diperankan oleh Eru, ini merupakan film pertamanya karena Eru adalah seorang penyanyi di Korea.

Sayang Kurang Dapet Koreanya

Film yang beratmosfir Korea ini dirasa kurang dapet dan maksimal, karena dari beberapa hal yang sekiranya korea banget tidak sampai secara maksimal, berikut hal-hal yang menurut saya terdapat atmosfir Koreanya.

– Cerita yang Penuh Misteri dan Jawaban Di Ending yang Klimaks

Biasanya film-film korea yang sudah saya tonton selalu menyajikan cerita yang penuh tanya di awal cerita, hingga terus mengalir yang akhirnya berhasil memasang puzzle demi puzzle pertanyaan yang terjawab secara bertahap, dengan klimaks di ending cerita. tetapi dalam film HelloGodbye ini puzzle-puzzle tersebut tidak terjawab secara maksimal, selain itu juga diawal hingga hampir ending cerita yang datar tanpa konflik yang greget. tetapi secara konsep menurut saya sudah mirip.

– Latar Korea yang indah

Disetiap film korea selalu memberikan pemandangan atau latar Korea yang begitu indah, dalam film ini terlalu banyak latar di rumah sakitnya yang membuat cerita seperti berjalan ditempat. yang paling manarik menurut saya adalah kereta yang super bersih dan nyaman. tetapi untuk beberapa angel memang cukup indah dilihat mata.

– Sekilas mirip Boys Before Flower

Ada dimana adegan ketika Abimanyu berbicara langsung ke telinga Indah, dan disaat kata-kata tersebut berjalan secara perlahan hilang tertiban bisingnya suara mobil yang beralu lalang disekitarnya. adegan ini mengingatkan saya pada adegan film Boys Before Flower yang saat itu Goo Joon Pyo membisikan kata kepada Geum Jan Di dan Geum Jan Di tidak mendengar perkataan Goo Joon Pyo karena ada suara motor yang lewat dan bising sekali. sebelum suara Abimanyu hilang saya sudah menebak adegan ini. but its perfect – korea banget

– Dialog yang Berkualitas

Sebenarnya saya belum tahu dialog seperti apa yang berkualitas dalam film korea tapi film ini saya rasa memiliki dialog yang berbeda dengan film-film Indonesia lainnya, seperti Indah yang pandai memainkan dan memutar balikan kata untuk bisa berbicara kepada Abimanyu yang dingin dan keras. atau cara abimanyu yang ingin mengetahui nama indah dengan memancing emosinya agar ia mau memperlihatkan kartu IDnya, dari situ dia bisa mendapatkan nama Indah yang sebelumnya indahpun belum mau memberitahukannya. selain itu juga banyak bahasa simbolis yang mungkin hanya bisa dimengerti sebagian orang saja.

– Sarat Akan Pesan yang Bermanfaat

Dalam film ini ada salah satu potongan dialog yang menarik, yakni “Terlalu fokus sama tujuan bikin kita lupa menikmati perjalanan”. Menurut saya maknanya adalah jika memiliki impian jangan lupa pada proses mencapai impian tersebut.

– Tema yang Kental

Biasanya dalam film korea jika temanya tentang si pembuat roti maka film tersebut akan memberikan pengetahuan kepada si penonton akan cara membuat roti dan dunia pe-Roti-an. jika temanya tentang majalah ya penonton juga akan mendapatkan pengetahuan seputar dunia majalah dan bisnis didalamnya, nah di film ini tema yang diambil adalah seorang pegawai KBRI yang dipaparkan dengan jelas job desk dan tanggung jawabnya sebagai KBRI, ini yang membuat saya pribadi baru tahu ternyata pekerjaan KBRI seperti itu.

hello-goodbye-jadi-official-selection-d-463cb7

Kesimpulan

Film ini memiliki gambar yang memang korea banget, hanya saja dalam cerita tidak dapat atmosfir koreanya, mungkin karena film ini yang bergerak terlalu lambat dan memiliki setting yang itu-itu saja membuat penonton merasa bosan, film ini juga lebih kerasa hanya Atiqah dan Rio saja yang bermain karena pemeran lainnya hanya sebagai hiburan dan tidak diperjelas detail karakter dan kehidupan mereka satu persatu. Jika kamu penasaran untuk nonton film HelloGoodbye silahkan saksikan di Bioskop kesayangan kamu pada tanggal 29 November 2012.

sumber : http://randasaputra.com