Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka semakin banyak cara untuk memberi kabar, menyapa dan memberi semangat kepada orang lain dengan cara-cara yang unik dan berkesan, salah satunya adalah lewat media jejaring sosial, misalnya saja melalui Facebook (FB).

Aku coba berikan beberapa contoh kata-kata motivasi berdasarkan situasi dan kondisi yang terjadi.

 Untuk memberi semangat bagi yang sedih
1. “Hari ini, langit memang sedang mendung tetapi tunggulah sebentar lagi setelah hujan turun, kau kan lihat langit biru yang cerah dan dihiasi lengkungan pelangi yang indah”
2. “Jika kau bersedih, akupun akan menemanimu bersedih, tetapi aku tak akan membiarkanmu terpuruk dalam kesedihan, karena aku yakin kau kan bangkit dari kesedihanmu, karena kau adalah orang yang tegar.” dll

Untuk menyatakan turut bersimpati karena baru mengalami hal yang tidak mengenakan
1. “Jangan kita kalah oleh hal-hal yang buruk, tetapi kalahkan hal-hal yang buruk dengan hal-hal yang baik, karena kita tak pernah bisa menyembunyikan hal-hal yang buruk, semua akan terbuka dengan berjalannya waktu, bangkitlah.”
2. “Orang bisa saja menilaimu negatif, bangkit dan buktikan bahwa penilaian orang itu salah, jangan terpuruk dengan hal-hal yang seperti itu, tetapi jadikanlah dirimu pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.” dll

Untuk menyatakan turut berbahagia karena baru melewati hal-hal yang menyenangkan
1. “Apa yang kau capai hari ini adalah bukti bahwa kau memang pantas dan layak dipercaya, karena itu kembangkan terus apa yang telah ada padamu dan jadikanlah itu sebagai pijakan untuk terus memacu diri menjadi lebih baik lagi, selamat.”
2. “Orang-orang yang selama ini merendahkanmu akan malu dengan prestasi yang kau dapatkan sekarang, karena itu terus berjuang untuk semakin membuktikan diri bahwa kamu memang tak bisa dipandang sebelah mata.” dll

Untuk menyatakan perasaan cinta dengan cara yang unik
1. “Kau memang bukan orang yang sempurna, namun hadirmu telah menyempurnakan hidupku, karena kau seperti bagian diriku yang hilang selama ini dan telah kutemukan kembali.”
2. “Kau memang berbeda dari yang lain, dengan segala kelebihan dan kekuranganmu, kau nampak begitu istimewa bagiku, selain itu hadirmu telah membuat hidupku makin berwarna dan makin berarti.” dll

Untuk menyatakan perasaan marah tetapi dengan cara yang berhikmat
1. “Memang saat ini apa yang kau lakukan dan katakan padaku sungguh membuatku kecewa, tetapi apa yang telah terjadi bisa menjadi pelajaran berharga bagiku untuk lebih berhati-hati dan lebih bijaksana sebelum melakukan dan memilih apapun di kemudian hari.”
2. “Walau saat ini aku dikecewakan oleh orang yang kupercaya itu tidak akan membuatku patah semangat, tetapi justru akan kubuktikan bahwa aku bisa asal aku tak menyerah.” dll

kita bisa melakukan banyak hal dengan kata-kata, antara lain memberikan semangat juga mematahkan semangat, memberikan rasa cinta juga bisa menumbuhkan rasa benci, tergantung siapa dan untuk apa kata-kata itu digunakan.

Tapi jauh lebih baik jika kata-kata yang digunakan adalah untuk hal-hal yang positif bukan malah sebaliknya, bijaksanalah dalam berkata, berfikir dan bertindak karena dari sanalah tercermin kepribadian si penggunanya.