jagung

Wah ini dia yang admin suka, jagung manis yang di rebus atau di bakar dengan di olesi sedikit mentega. Emmm yamiiii… pasti rasanya manis dan sedikit gurih dari mentega yang di olesi waktu dibakar. Haduh jadi pengen beli jagung bakar ne… hehehe “kok jadi ngelantur ne..” By the way,, siapa yang tidak kenal jagung ? karena jagung umum di jual di pinggir – pinggir jalan sebagai jagung rebus atau jagung bakar. Namun tidak hanya jagung yang masih muda saja yang bisa dimanfaatkan loh., jagung yang sudah tua pun bisa dimanfaatkan,, bahkan sangat ngetrend dikalangan perkotaan. Yup pop corn jawabnya. Karena jagung ternyata bisa di buat camilan yang enak ternyata yaitu dijadikan pop corn. Namun kalau untuk pop corn sendiri jagung harus diproses dahulu kedalam proses tertentu hingga akhirnya bisa mengembang ketika di goreng nanti. Pokoknya jagung very very yammii. Tapi mungkin kita hanya sekedar tahu bahwa jagung enak jika dimakan saja tanpa berusaha tahu apa kandungan yang terdapat di dalam jagung dan manfaatnya bagi kesehatan. Agar anda bisa mengetahuinya, admin akan mencoba memaparkan informasi lengkap mengenai jagung ini kepada para sahabat pembaca sekalian. Ok. Langsung saja kita menuju ke TKP.

Sekilas Mengenai Jagung

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi. ( Sumber Wikipedia ).

Kandungan Gizi Jagung per 100 gram bahan
Kalori : 355 Kalori
Protein : 9,2 gr
Lemak : 3,9 gr
Karbohidrat : 73,7 gr
Kalsium : 10 mg
Fosfor : 256 mg
Ferrum : 2,4 mg
Vitamin A : 510 SI
Vitamin B1 : 0,38 mg
Air : 12 gr
Manfaat Jagung Bagi Tubuh

1. Memperbaiki pencernaan
Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Kaya mineral
Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.

3. Merawat kulit
Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.

4. Mencegah anemia
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.

5. Mengontrol kolesterol
Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Penting selama kehamilan.
Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.

Beberapa Olahan Yang Terbuat Dari Jagung

1. Jagung Rebus
2. Jagung Bakar
3. Pop Corn
4. Pergedel Jagung
5. Brondong Jagung
6. Kolak Jagung
7. Kripik Jagung
8. Sayur janten (Jagung masih muda)
9. Cake Jagung
10. Bubur Jagung
11. Puding Jagung

Dan Masih banyak lagi olahan yang dapat di buat dari jagung.
Ok. Demikian pembahasan kita mengenai jagung. Semoga bisa memberikan wawasan kepada para sahabat pembaca mengenai jagung.